Perlu diketahui tentang Curriculum Vitae

Apakah Anda perlu membuat daftar riwayat hidup atau lebih dikenal dengan istilah curriculum vitae ? Sebuah curriculum vitae atau disingkat CV, adalah sebuah alternatif untuk menulis lamaran kerja. Sementara surat lamaran kerja biasanya terdiri dari dua halaman, sedangkan CV lebih rinci dan lebih panjang. Sebuah CV berisikan informasi mendetail tentang latar belakang pendidikan seseorang dalam lamarannya.

Format penulisan CV juga berbeda dengan lamaran kerja. Penulisan CV bervariasi tergantung pada bidang dan pengalaman kerja seseorang, namun ada beberapa format serta kaidah yang umum digunakan saat membuat CV. Ada juga bagian tertentu yang biasa digunakan orang pada CV-nya. Berikut beberapa tips yang dapat dipertimbangkan saat membuat CV Anda.

Tips Umum

Panjang CV – Jika surat lamaran kerja umumnya satu halaman, CV atau riwayat hidup dapat lebih panjang. Kebanyakkan CV setidaknya dua halaman atau lebih.

Jenis & ukuran huruf – Jangan gunakan huruf yang unit sehingga sulit dibaca. Jenis Times New Roman, Arial, Calibri atau sejenisnya adalah yang terbaik. Ukuran font pilih antara 10 hingga 12 poin. Meski demikian nama dan judul bagian dapat diatur lebih besar dan/atau tebal.

Format – meskipun Anda bebas mengatur setiap bagian dari CV Anda, pastikan untuk menjaga setiap bagian seragam. Misalnya, jika Anda mengatur nama dari salah satu organisasi dalam huruf miring, maka setiap nama organisasi lainnya harus berhuruf miring juga.

Akurasi – pastikan untuk mengedit CV Anda sebelum mengirimkannya. Memeriksa ejaan, tata bahasa, nama perusahaan dan nama orang-orang beserta gelar atau jabatannya dll. Minta kerabat atau kenalan berpengalaman untuk konsultasi serta cek CV Anda juga.

Apa yang harus disertakan

Tidak semua CV harus terlihat sama. Anda dapat memilih bagian dibawah ini yang sesuai dengan latar belakang atau bidang Anda. Termasuk apa yang tampaknya cocok dengan ketrampilan Anda.

Informasi kontak – pada bagian atas CV Anda, termasuk nama lengkap, alamat tinggal, nomer telepon / telepon seluler, alamat email, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, status perkawinan serta jumlah anak.

Pendidikan – terdiri dari nama sekolah atau universitas, jurusan, tahun kelulusan serta gelar yang diperoleh.

Sertifikasi dan penghargaan – kelulusan kursus, beasiswa, sertifikat ketrampilan, penghargaan dari suatu organisasi atau perusahaan.

Pengalaman Kerja – merupakan daftar pengalaman kerja yang relevan. Dapat pula termasuk saat bekerja yang tidak ada hubungannya dengan latar belakang pendidikan namun layak untuk diutarakan. Sertakan departemen / divisi serta jabatan, periode bulan-tahun bertugas. Beri rincian singkat mengenai tugas serta prestasi yang diraih.

Pengalaman Mengajar – daftar tempat mengajar yang pernah Anda lakukan. Termasuk nama sekolah serta kelas atau semester yang Anda ajar. Termasuk les privat atau pengalaman kelompok kepemimpian lainnya.

Ketrampilan – daftar ketrampilan yang Anda miliki serta patut diungkapkan. Seperti kemampuan bahasa asing, pengetahuan komputer, administrasi, mengemudi dan sebagainya

Keanggotaan profesional – seperti asosiasi profesi, karang taruna, komunitas yang Anda miliki

Kegiatan sosial – sertakan daftar layanan sosial Anda, seperti klub, organisasi, relawan dan sebagainya

Related posts

Leave a Comment