Bagaimana mencari pekerjaan namun tidak memiliki banyak pengalaman

Mencari pekerjaan tanpa banyak memiliki pengalaman kerja bisa membuat frustasi. Perusahaan atau majikan akan berkata pada Anda bahwa Anda perlu lebih berpengalaman, namun bagaimana Anda bisa mendapatkannya jika tidak ada yang memberi kesempatan kerja buat Anda ? Siapapun Anda, apakah baru lulus atau lama mengasuh anak di rumah dan kini ingin bekerja, berikut ini delapan tips yang akan membantu Anda mengatasi masalah kurang memiliki pengalaman dalam mencari pekerjaan.

1. Mencari tahu mengapa Anda akan menjadi besar pada pekerjaan tersebut. Ketika Anda memutuskan untuk melamar, Anda tentu memiliki alasan untuk berkeyakinan dapat melakukan pekerjaan yang diiklankan, benar ? Jadi meluangkan waktu untuk berpikir “mengapa”. Hal ini tidak harus berkaitan dengan pengalaman formal, bisa saja sifat-sifat pribadi Anda yang mendukung pekerjaan tersebut atau sedikit kualifikasi yang mendekatinya. Misalnya, menyebutkan kecintaan Anda akan keteraturan serta kerapihan disaat melamar pekerjaan sebagai admin atau pengetahuan tentang trend fashion disaat melamar bekerja dibidang busana atau sejenisnya.

2. Jangan khawatir harus memenuhi seluruh kriteria secara sempurna. Anda tidak perlu memiliki setiap detail kualifikasi dalam iklan pekerjaan, pada umumnya seseorang diterima bekerja tanpa lengkap baris per baris kualifikasi yang tercantum dalam iklan lowongannya. Tentu saja, Anda harus memiliki mayoritas kualifikasi yang diharapkannya. Jangan melamar jika diminta minimal 10 tahun bekerja andai pengalaman kerja Anda dibawah 1 tahun. Tetapi jika tercantum dalam iklan meminta tiga hingga lima tahun pengalaman dan Anda memiliki dua tahun, maka Anda dapat menuliskan lamaran kerja sebagus mungkin berkaitan dengan prestasi kerja Anda selama dua tahun tersebut, lakukan dan lamarlah. Dan ceritakanlah dalam surat lamaran tersebut.

3. Menulis surat lamaran yang luar biasa. Jika Anda tidak banyak memiliki banyak pengalaman, surat lamaran adalah hal penting yang bisa meyakinkan manajer pengrekrutan untuk mengundang Anda wawancara. Namun surat lamaran tersebut harus benar-benar menarik, dan tidak sekedar pengulangan dari kalimat-kalimat yang tercantum dalam lembar riwayat hidup. Diperlukan penjelasan mengapa Anda lebih unggul dan benar-benar tertarik terhadap kesempatan kerja yang ada. Sebagai contoh, jika Anda melamar suatu posisi Admin, dan menyebutkan koleksi buku Anda diatur berdasarkan abjad judul serta keteraturan penyimpanan baju berdasarkan warna, hal ini akan menyenangkan manager HRD dengan mendapatkan gambaran tentang diri Anda. Ya, berarti tidak semua lamaran harus sama untuk setiap lowongan pekerjaan.

4. Beri perhatian dengan kemampuan diri . Dikala Anda kurang memiliki pengalaman kerja yang menjadikan proses pengrekrutan berlangsung lebih singkat dan Anda tidak akan bisa mencegahnya. Namun ada hal yang bisa Anda tunjukkan melalui kemampuan diri yang dapat Anda perlihatkan kepada calon majikan seperti keramahan, profesionalisme, cepat tanggap serta berwawasan. Memiliki kemampuan diri yang menonjol pada hal-hal tersebut bisa menjadi penyeimbang dari kurangnya pengalaman kerja.

5. Pikirkan tentang pengalaman kecil yang bisa Anda ceritakan. Anda mungkin belum memiliki tahun pengalaman kerja, namun ada hal lain dalam latar belakang Anda berupa ketrampilan yang bisa diceritakan dan bisa menjadi minat ketertarikan dari calon bos Anda. Misalnya, kemampuan Anda dalam penggalangan dana ikatan alumni sekolah Anda yang bisa menunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain yang memiliki latar belakang berbeda-beda dan tidak takut untuk meminta uang darinya. Atau mungkin blog teknologi yang telah Anda jalankan sebagai hobi bisa menunjukkan tulisan yang menarik serta mengungkap teknologi yang baru dengan cepat. Pengalaman tidak harus hanya datang dari lingkup pekerjaan profesional saja, Anda mungkin mungkin memiliki hal-hal lain dalam hidup Anda yang bisa menunjukkan ketrampilan yang berguna.

6. Disaat wawancara, tunjukkan keseimbangan yang tepat antara kepercayaan diri dan kerendahan hati. Hal ini sedikit rumit. Disatu sisi, jika Anda tidak percaya diri pada lowongan pekerjaan yang ditawarkan, maka perekrut juga akan merasakan hal yang sama. Disisi lain, tidak perlu bersikap tinggi hati atau naif atas tingkat pengalaman kerja atau atas pekerjaan yang ditawarkannya. Anda harus menyeimbangkan diri ditengah-tengah, berupaya percaya diri namun secara realistis paham akan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

7. Mencari cara lain untuk menambah daftar pengalaman kerja Anda. Ya, akan sangat menyenangkan jika mendapatkan pekerjaan tetap, namun jika sampai saat ini tidak ada seorangpun yang menawarkan, maka cari cara untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman dalam riwayat pekerjaan Anda. Kerja paruh waktu / part-time, menjadi relawan atau sekedar mengerjakan proyek Anda sendiri, hal ini bisa mengurangi kekurangan pengalaman kerja Anda dan menjadikan Anda salah seorang calon kandidat yang kuat.

8. Lebih realistis. Meskipun tips di atas dapat memperkuat pencalonan Anda ketika Anda belum memiliki pengalaman kerja, juga menjadi hal yang penting yaitu apa jenis pekerjaan yang memenuhi kulialifikasi diri Anda. Dalam pasar kerja yang ketat seperti saat ini, dimana perusahaan atau majikan dibanjiri oleh lamaran yang berkualitas, ada sedikit perhatian bagi mereka yang memiliki lebih sedikit pengalaman kerja. Anda bisa menjadi yang lebih berkualifikasi jika Anda menargetkan pada lowongan pekerjaan yang benar-benar dapat membuktikan bahwa Anda bisa sukses untuk pekerjaan tersebut, bukan sekedar pekerjaan yang Anda anggap “saya bisa lakukan itu” akan tetapi pekerjaan dimana Anda dapat menunjukkan bukti tertentu Anda akan unggul.

Pada akhirnya, ide disini untuk menempatkan diri pada posisi pengrekrut. Apa yang menjadi alasan untuk mereka merekrut atau mempekerjakan Anda ? Itulah yang perlu tercermin dalam surat lamaran, riwayat hidup serta wawancara Anda. Dan seandainya Anda tidak tahu mengapa mereka tertarik untuk menerima Anda bekerja, Anda tidak bisa mengharapkan mereka untuk dapat mencari tahu, yang harus mengarahnya adalah Anda agar bisa terungkap kelebihan atau ketrampilan yang menarik jadi bahan wawancara.

Related posts

Leave a Comment